Upaya Mendorong Konsumsi Ikan dan Inovasi Masak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Melalui Lomba Serba Ikan

DAERAH SOROTAN
Views: 196
1 0
Read Time:1 Minute, 38 Second

News FHH – Barabai,

Bupati Hulu Sungai Tengah, H. Aulia Oktafiandi S.T., MAppCom, Acara lomba inovasi masak serta ikan sebagai langkah strategis dalam memperkaya variasi konsumsi ikan dan meningkatkan kreativitas dalam penyajian hidangan berbasis ikan. Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, seperti dewan juri dan perwakilan lembaga terkait, bertujuan untuk merayakan keanekaragaman kuliner serta meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya konsumsi ikan dalam pola makan sehari-hari.

Dalam sambutannya, Bupati Aulia Oktafiandi menyoroti pentingnya konsumsi ikan sebagai bagian integral dari pola makan sehat yang direkomendasikan, serta sebagai strategi pencegahan stunting pada balita. Dia menegaskan bahwa konsumsi ikan tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi, tetapi juga memiliki dampak positif pada perkembangan otak, terutama pada anak-anak.

Lomba ini juga menjadi platform untuk memberikan solusi kepada para ibu dalam menyajikan makanan bergizi bagi keluarga, terutama bagi anak-anak yang sulit makan. Melalui tiga kategori menu yang harus mengandung ikan, diharapkan dapat memberikan inspirasi baru dalam mengolah hidangan sehari-hari.

“Kegiatan ini bukan hanya kompetisi semata, tetapi juga upaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan dan inovasi dalam penyajiannya,” tambah Ketua PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dalam upaya untuk mendorong partisipasi yang lebih luas, pemerintah daerah berencana meningkatkan hadiah lomba, termasuk pemberian alat masak sebagai hadiah tambahan. “Kami ingin partisipasi masyarakat semakin meriah setiap tahunnya, sehingga konsumsi ikan terus meningkat di wilayah kami,” ujar Bupati Aulia.

Sebagai bagian dari strategi pengembangan konsumsi ikan, menu-menu yang berhasil dalam lomba akan disebarluaskan kepada masyarakat melalui program Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya konsumsi ikan sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST, Afni Hidayat, menambahkan bahwa pelaksanaan lomba tersebut merupakan bagian dari kampanye pemanfaatan hasil tangkapan ikan. Diharapkan makanan hasil olahan ikan yang beragam dapat memberikan pemahaman akan kandungan gizi serta disukai oleh anak-anak.

Melalui lomba ini, PKK dan masyarakat diharapkan dapat mengkampanyekan pentingnya mencintai olahan ikan dan membantu pemerintah dalam upaya menurunkan angka stunting.

(Hendra)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *