Sebanyak 169 PPKD se-HST Resmi Dilantik

DAERAH
Views: 55
0 0
Read Time:1 Minute, 3 Second

Barabai, News FHH,

Sebanyak 169 Panwas Pemilihan Kelurahan dan Desa (PPKD) Se-Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) yang bertugas untuk pengawasan Pemilihan serentak Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2024 secara resmi dilantik dan diambil sumpah oleh masing-masing Panwascam di 11 kecamatan.

“Pelantikan dan mengambilan sumpah dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 2 Juni 2024,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten HST, Nurul Huda di Barabai, Minggu (2/6).

Menurutnya, pengawas kami di setiap desa cuma satu orang dan setelah dilantik langsung diberikan pembekalan persiapan pengawasan di tingkat desa.

“Sebelumnya, PPKD ini telah melalui proses rekrutmen secara terbuka dan diwawancarai langsung oleh Panwascam guna memastikan integritas, netralitas, profesionalitas serta komitmennya untuk bekerja penuh waktu sebagai penyelenggara pemilihan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, PPKD terpilih ini juga sebelum dilantik diwajibkan membuat surat bebas narkoba. “Dari hasil tes kesehatan, alhamdulillah tidak ada yang positif narkoba,” tuturnya.

“Ada dua tahapan Pemilihan yang akan berbarengan dan menjadi fokus pengawasan PPKD pada bulan Juni 2024 ini, yaitu verifikasi faktual (verfak) terhadap syarat dukungan calon perseorangan dan pemutakhiran data pemilih,” kata Nurul.

Ia juga menghimbau agar pengawas pemilihan menjaga soliditas dan solidaritas dengan sesama penyelenggara pemilihan yaitu PPS dan saling bersinergi dengan jajaran lintas sektor di desa seperti Kepala desa, Babinsa dan Babinkamtibmas. ( Hendra )

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0