Rutan Barabai dan Puskesmas Barabai Gelar Pemeriksaan Kesehatan Massal dan Skrining HIV/AIDS bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

DAERAH KESEHATAN SOROTAN
Views: 73
0 0
Read Time:1 Minute, 26 Second

News FHH – Barabai,

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai bekerjasama dengan Puskesmas Barabai menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan masal kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang dilaksanakan di aula serbaguna, Jum’at (18/04). Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari program Pemasyarakatan Sehat dalam rangka Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60.

Tim kesehatan dari puskesmas Barabai melakukan pemeriksaan sekaligus skrining HIV/AIDS kepada warga binaan dibantu oleh petugas kesehatan Rutan Barabai. Kegiatan ini sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan dan kesejahteraan seluruh penghuni rutan.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini melibatkan tim medis dari Puskesmas Barabai yang memberikan layanan pemeriksaan secara menyeluruh, mulai dari pengukuran tekanan darah, hingga konsultasi medis untuk memastikan kondisi kesehatan WBP. Selain itu, pemeriksaan juga mencakup pengecekan berbagai keluhan kesehatan yang dialami oleh WBP serta pemberian pengobatan yang diperlukan.

Selain itu Tim medis yang terlibat dalam kegiatan tersebut memberikan perhatian khusus dengan melakukan pemeriksaan skrining HIV/AIDS secara menyeluruh. Pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeteksi dini kemungkinan infeksi HIV/AIDS di antara WBP dan memberikan langkah-langkah preventif serta pengobatan yang diperlukan.

Kepala Puskesmas Barabai, H. M. Fakhrazi, S. Kep,Ns menjelaskan berdasarkan hasil skrining awal tidak ada warga binaan yang terindikasi HIV/AIDS. Dirinya juga berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan massal ini, diharapkan dapat membantu mengidentifikasi dini masalah kesehatan yang ada di antara WBP, sehingga langkah-langkah pencegahan dan perawatan dapat dilakukan dengan lebih efektif.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrahman melalui Kepala Rutan Barabai, Gusti Iskandarsyah menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang baik antara Rutan dan Puskesmas dalam menyelenggarakan kegiatan ini. “Kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi semua orang, termasuk WBP. Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memastikan setiap WBP mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan,” ujarnya.

(Hendra)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *