Perayaan Jubileum HKBP Jambi, Mengenang Perjalanan 75 Tahun yang Gemilang

DAERAH SOROTAN
Views: 131
0 0
Read Time:3 Minute, 37 Second

News FHH – Jambi,

Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Jambi merayakan ulang tahunnya yang ke-75 (Jubileum) dengan suka cita dan semangat pembangunan yang tinggi.

Perayaan Jubileum ini diharapkan tidak hanya menjadi momen untuk mengenang perjalanan panjang gereja ini sejak hadir di Jambi pada 13 Februari 1949, tetapi juga sebagai panggung untuk memperkuat peran sebagai penggerak pembangunan dan pelopor kerukunan umat beragama di Provinsi Jambi.

Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Edi Purwanto, SHI, MSi, dalam sambutannya pada perayaan puncak Jubileum HKBP Jambi, Minggu (3/3/2024), menekankan pentingnya peran HKBP dalam membangun Jambi secara menyeluruh.

Dalam mengapresiasi kontribusi HKBP, Edi Purwanto menyatakan penghargaannya terhadap komitmen gereja ini dalam merajut kerukunan dan kesetiakawanan di tengah umat beragama di Provinsi Jambi. Menurut Edi Purwanto, ketenteraman dan kedamaian masyarakat Jambi, termasuk selama pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, tidak lepas dari peran aktif umat HKBP dalam menjaga kondisi tersebut.

Keberhasilan kontestasi pemilu yang berlangsung aman dan damai di Jambi adalah bukti nyata dari kontribusi positif gereja ini.
Selain itu, kehadiran dua warga HKBP yang berhasil menjadi anggota DPRD Provinsi Jambi hasil Pemilu Legislatif 2024, Ir Daulat Sitorus dan Heldawati Nadea.

Ini  menjadi momentum penting dalam menambah warna dalam representasi wakil rakyat di Jambi. Edi Purwanto menegaskan bahwa kehadiran mereka di DPRD Provinsi Jambi akan membawa aspirasi masyarakat,
khususnya warga HKBP, untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Jubileum Dihadiri sekitar 4.000 orang

Perayaan Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi di adakan selama dua hari, Sabtu dan Minggu (2-3/3/2024), yang di hadiri oleh sekitar 4.000 orang warga HKBP Jambi.

Selama perayaan tersebut, selain merayakan, juga dilakukan penggalangan dana untuk pembangunan gereja HKBP di Jambi dan dana Tahun Profesionalisme HKBP. Hingga saat ini, jumlah dana yang terkumpul mencapai Rp 293 juta.

Dengan semangat yang berkobar, HKBP Jambi bertekad untuk terus menjadi pilar pembangunan dan keberagaman di Provinsi Jambi, serta menjaga kerukunan umat beragama dalam masyarakatnya.

Jubileum ke-75 ini bukan hanya sebagai momen perayaan, tetapi juga sebagai tonggak baru dalam perjalanan panjang HKBP Jambi dalam memberikan kontribusi bagi kemajuan dan kedamaian di Jambi.

Gereja Huria Kristen Batak Protestan Jambi merayakan tonggak bersejarahnya yang ke-75 dengan penuh semangat dan kebersamaan pada Sabtu dan Minggu, tanggal 2 dan 3 Maret 2024.

Sejarah panjang gereja ini di mulai pada tanggal 13 Februari 1949 dengan pelaksanaan Babtisan Kudus pertama yang di hadiri oleh 45 anak di Keresiden Jambi, yang kini di kenal sebagai Kantor Gubernur Provinsi Jambi.

Perayaan Jubileum di mulai pada hari Sabtu dengan Ibadah Pembukaan yang di pimpin oleh Pdt HB Lumbantobing, S.Th, Praeses HKBP Distrik XXV Jambi.

Acara berlanjut dengan berbagai kegiatan, termasuk acara tortor dari masing-masing wijk HKBP Jambi, yang berjumlah 15 wijk, serta lelang yang di adakan secara serentak.
Puncak perayaan di rayakan pada hari Minggu dengan berbagai acara istimewa, termasuk pelepasan burung merpati dan balon oleh Anak Sekolah Minggu (ASM).

Ibadah puncak di pimpin oleh Pdt Daniel TA Harahap, M.Th, yang juga menjabat sebagai Kepala Departemen Marturia HKBP.

Perjalanan 75 Tahun Jubileum  Gemilang

Sebelum ibadah di mulai, di lakukan prosesi berjalan kaki dari Gedung Asini Roha Kotabaru menuju Gereja HKBP Jambi,di perkiraan melibatkan lebih dari 100 orang dalam rombongan prosesi.

Prosesi ini di pimpin oleh Kepala Departemen Marturia HKBP, Pdt Daniel Taruli Asi Harahap, MTh, yang di pilih secara aklamasi untuk menjabat pada tahun 2022.

Sementara itu, dalam sambutannya pada Puncak Jubileum, Kadep Marturia HKBP Pusat, Pdt Daniel Harahap, MTh, menyambut baik perhatian yang di berikan oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, terhadap perayaan Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi.

Selain momen keagamaan, Ketua Panitia Jubileum 75 Tahun HKBP Jambi, St Dr Rosinta Butarbutar, MH, menyoroti kebesaran gereja ini sebagai salah satu gereja yang besar di Jambi.
Dengan jumlah umat mencapai 10.823 jiwa dan dil ayani oleh 97 orang pelayan, HKBP Jambi terus menjadi pilar keberagaman dan kebersamaan di Provinsi Jambi.

Perayaan ini juga menjadi kesempatan untuk menggalang dana, dengan jumlah yang berhasil terkumpul mencapai Rp 293 juta, yang akan di gunakan untuk pembangunan gereja dan program-program profesionalisme gereja.
Dengan semangat yang berkobar, HKBP Jambi siap melanjutkan perannya sebagai agen perubahan dan pemersatu masyarakat di Provinsi Jambi, menjaga kebersamaan dan kerukunan di tengah perbedaan.

Jubileum ke-75 ini tidak hanya mengingatkan kita pada sejarah panjang gereja ini, tetapi juga menandai komitmen mereka untuk masa depan yang lebih baik.

(Edison)


Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *