Banjarmasin – News FHH,
Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H. Mansyah Sabri, menghadiri acara penganugerahan hasil penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun 2024. Acara ini berlangsung di Swiss-Belhotel Banjarmasin pada Rabu (11/12/2024).
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) berhasil meraih penghargaan Opini Kualitas Tertinggi atau kategori A dari Ombudsman Republik Indonesia atas penyelenggaraan pelayanan publik. Penghargaan ini menjadi bukti konkret komitmen Pemkab HST dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
Piagam penghargaan diserahkan oleh Plt. Gubernur Kalsel, H. Muhidin, dan diterima langsung oleh Wakil Bupati HST, H. Mansyah Sabri. Ia didampingi Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Hadi Rahman, dan Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Kalsel, Hj. Galuh Tantri Narindra.
Pemkab HST meraih nilai 93,57, masuk dalam zona hijau yang merupakan kategori tertinggi dalam penilaian kualitas pelayanan publik. Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Hadi Rahman, menyebut bahwa penghargaan ini merupakan pengakuan atas kepatuhan Pemkab HST dalam menjalankan pelayanan publik sesuai standar yang ditetapkan.
PERAN OMBUDSMAN DALAM PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK
Dalam sambutannya, Hadi Rahman menjelaskan bahwa Ombudsman RI adalah lembaga negara independen yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008.
“Tugas utama Ombudsman adalah pencegahan dan pemberantasan maladministrasi. Salah satu bentuk upaya pencegahan tersebut adalah melalui penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik, yang sudah kami laksanakan sejak 2015,” jelasnya.
Ia juga menyampaikan bahwa penyerahan penghargaan tingkat nasional telah dilakukan pada 14 November 2024. “Penilaian Ombudsman tidak hanya menghasilkan nilai kuantitatif, tetapi juga diharapkan berdampak secara kualitatif bagi penyelenggara pelayanan publik,” tambah Hadi.
KOMITMEN PEMKAB HST TINGKATKAN PELAYANAN
Wakil Bupati HST, H. Mansyah Sabri, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini. “Penghargaan ini adalah bukti nyata dari komitmen Pemkab HST untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujarnya.
Ia menambahkan bahwa keberhasilan ini tidak lepas dari langkah strategis dan inovasi yang dilakukan Pemkab HST, yang terus dievaluasi dan ditingkatkan setiap tahunnya.
“Kami berharap Pemkab HST dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik agar mampu memenuhi harapan masyarakat, menjamin kemudahan akses, serta transparansi dalam setiap layanan yang disediakan,” tutup Mansyah Sabri.
Acara ini menjadi momen penting bagi Pemkab HST untuk mempertegas komitmennya dalam memberikan layanan yang optimal, sekaligus menjadi inspirasi bagi daerah lain di Kalimantan Selatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. ( Hendra )