Lapas Banjarbaru Gelar Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60 Tahun 2024

DAERAH SOROTAN
Views: 41
0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

News FHH – Banjarbaru,

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Banjarbaru menggelar upacara peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 Tahun 2024 yang terpusat di Lapangan Alun-alun Lapas Banjarbaru, Sabtu (27/4). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman, yang bertindak sebagai Inspektur upacara.

Kegiatan turut dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas Kantor Wilayah, para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Keimigrasian serta jajaran Insan Pengayoman Kalsel serta Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Banjarbaru.

Dalam amanatnya, Taufiqurrakhman membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly. “Peringatan Ke-60 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak” bukanlah kegiatan seremonial semata, tapi ini adalah bentuk komitmen kita untuk menjawab berbagai tantangan kedepan, selaras dengan arah dan tujuan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan dan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2023 tentang Kitab Undang-undang Hukum Pidana,” ujarnya.

Kakanwil menyampaikan Pemasyarakatan telah memiliki peran yang sentral dalam upaya penjaminan hak pada mereka yang dikenakan upaya paksa, pembinaan bagi pelanggar hukum dan secara signifikan terlibat dalam upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat dari pengulangan tindak pidana. Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan secara bertanggung jawab.

“Peran yang besar itu harus dimanfaatkan secara benar, harus dimanfaatkan secara profesional dan secara bertanggung jawab. Peran Pemasyarakatan sebagaimana dimandatkan dalam beberapa regulasi, harus didukung dengan kelembagaan dan resources yang kuat. Ini merupakan tantangan tugas yang tidak ringan. Juga dibutuhkan human capital atau aparatur penyelenggaraan tugas Pemasyarakatan yang memiliki motivasi, etos kerja, dan jiwa pengabdian yang mendalam,” tandasnya.

Pasa momentum tersebut, Kakanwil mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh elemen masyarakat beserta instansi terkait yang telah berpartisipasi mendukung pelaksanaan tugas Pemasyarakatan.

“Kepada Pimpinan Pemerintah Daerah, terimakasih sebesar-besarnya atas kerja sama dan beragam kontribusi serta dukungan terhadap kegiatan pembinaan di Lapas/Rutan. Semoga menjadi ladang amal kebaikan Bapak/Ibu Kepala Daerah, dan kita harap program ini terus berjalan berkesinambungan,” tuturnya.

“Kepada Petugas Pemasyarakatan yang baru saja menerima penghargaan saya ucapkan selamat dan penghormatan setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih. Kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan saya berpesan tetaplah semangat bekerja dengan penuh dedikasi dan pantang menyerah, berikan darmabaktimu melalui pengabdian yang terbaik,” pungkas Kakanwil.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-60 sekaligus pemberian penghargaan kepada Stakeholder, UPT dan Petugas Pemasyarakatan berprestasi serta penandatangan peresmian beberapa sarana layanan Lapas Banjarbaru diantaranya Klinik Pratama Labaru, Dapur Sehat Labaru, SAE Labaru, Gereja PNIEL, Pustaka Jeruji Labaru.

(Gun)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *