Gotong Royong Normalisasi Sungai di Desa Pajukungan, Barabai: Antisipasi Dampak Perubahan Iklim

DAERAH SOROTAN
Views: 453
1 0
Read Time:1 Minute, 5 Second

News FHH – Barabai,

Koramil 1002-06/Barabai bersama warga masyarakat turut serta dalam gotong royong normalisasi sungai di Desa Pajukungan, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (04/03/2024) dengan melibatkan 31 orang warga Desa Pajukungan (Kelompok Tani), 12 orang dari Dinas Pertanian Kabupaten Hulu Sungai Tengah, serta anggota Koramil 1002-06/Barabai dan aparat desa setempat.

Danramil 1002-06/Barabai, Kapten Inf. Rudi Hartono, menyampaikan bahwa gotong royong ini dilakukan dalam kerjasama dengan Kepala Desa Pajukungan dan Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Barabai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendukung program ketahanan pangan dengan meningkatkan sistem irigasi ke persawahan.

Kepala Desa Pajukungan, Suparyono, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut, khususnya kepada TNI yang menginisiasi kegiatan gotong royong ini. Dia juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan antisipasi terhadap dampak perubahan iklim, dengan membersihkan aliran sungai agar air dapat mengalir lancar menuju persawahan.

Wahyudi.SP, dari BPTPH Provinsi Kalimantan Selatan, juga menyampaikan apresiasi atas peran aktif TNI dan warga masyarakat dalam normalisasi aliran sungai. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting sebagai langkah antisipasi terhadap dampak perubahan iklim.

Pihak terkait juga menekankan pentingnya menjaga kelancaran saluran air dan irigasi sebagai penyedia bahan baku air pertanian. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan para petani di daerah tersebut.

(Hendra)

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *