Deteksi Dini Potensi Konflik Menjelang Pilkada Tahun 2024, Rutan Barabai Hadiri Rapat Intelijen

DAERAH
Views: 293
3 0
Read Time:2 Minute, 4 Second

Barabai – News FHH,

Rutan Kelas IIB Barabai turut serta dalam rapat intelijen yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Rapat intelijen ini bertemakan “Deteksi Dini Potensi Konflik Menjelang Pilkada Tahun 2024” yang dilaksanakan di Najwa BFC Riam Bajandik, Rabu (12/06)

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Polres Hulu Sungai Tengah, Kodim 1002/HST, Badan Intelijen Negara, Kejaksaan Negeri HST, Bataliyon 621 Manuntung, Satpol PP Kab HST, dan Anggota Intel Kodam VI/Mulawarman. Rutan Kelas IIB Barabai sendiri diwakili oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Abdul Kadir Jailani beserta tiga orang Jajarannya.

Rapat intelejen tersebut dipimpin oleh Kabid Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Kesbangpol HST, Muhammad Arsyad S.Pd.SD. M.M. Pertemuan ini diharapkan dapat memberikan beberapa manfaat signifikan. Pertama, rapat ini memperkuat koordinasi antar lembaga keamanan dan intelijen di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dengan adanya pertukaran informasi yang efektif, deteksi dini terhadap potensi konflik bisa dilakukan dengan lebih akurat dan cepat.

Kedua, rapat ini berfungsi sebagai forum untuk meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan setiap instansi dalam menghadapi berbagai ancaman yang mungkin muncul menjelang Pilkada 2024. Dengan adanya pemahaman dan strategi yang seragam, langkah-langkah preventif bisa diambil secara lebih terorganisir dan efektif.

Ketiga, melalui pertemuan ini, hubungan silaturahmi antar instansi semakin erat, menciptakan sinergi yang lebih baik dalam menjaga stabilitas dan keamanan wilayah. Silaturahmi yang baik diharapkan dapat membangun kepercayaan dan kerja sama yang solid, sehingga setiap isu keamanan dapat diatasi secara bersama-sama.

Secara keseluruhan, rapat ini diharapkan dapat meminimalkan risiko konflik, Radikalisme, penggunaan obat-obatan terlarang atau narkoba dan menciptakan suasana yang kondusif menjelang Pilkada 2024. Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapat melaksanakan hak pilih mereka dalam situasi yang aman dan damai.

Tindak lanjut dari hasil pertemuan ini akan diadakannya pendalaman aliran / sekte menyimpang di masyarakat berupa sosialisasi dari pihak berwenang tentang narkoba dan miras, agar berhenti nya peningkatan peredaran narkoba dikalangan masyarakat terutama pada remaja.

Secara terpisah Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Taufiqurrakhman melalui Karutan Barabai, Gusti Iskandarsyah menyampaikan bahwa Rutan Barabai siap menjalin sinergitas dalam upaya pencegahan konflik menjelang Pilkada 2024. Dirinya berharap kerja sama dan koordinasi yang baik antara berbagai instansi terkait untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada dapat tetap terjaga.

Dengan adanya rapat ini, seluruh instansi pemerintah dan aparat penegak hukum dapat lebih waspada dan siap dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi. Sinergi dan komunikasi yang baik adalah kunci untuk menciptakan situasi yang kondusif bagi masyarakat . ( Hendra / HUMAS RUTAN – BRB )

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0