Dandim 1002/HST Sosialisasikan Pencegahan Faham Intoleransi, Ekstrimisme, Radikalisme, dan Terorisme di Hulu Sungai Tengah.

DAERAH
Views: 147
1 0
Read Time:1 Minute, 24 Second


BARABAI – News FHH,

Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa, S.Hub.Int., M.Han., menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi pencegahan faham intoleransi, ekstrimisme, radikalisme, dan terorisme di Pendopo Bupati Hulu Sungai Tengah, Kamis (27/06/2024). Kegiatan ini digelar oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim HST membawakan materi bertema “Peran Warga Negara Untuk Melawan Terorisme.” Dalam pemaparannya, Dandim menyatakan bahwa terorisme merupakan ancaman serius bagi keamanan dan stabilitas bangsa, sehingga upaya melawan terorisme perlu dilakukan secara bersama-sama, tidak hanya oleh aparat penegak hukum, tetapi juga oleh seluruh warga negara.

“Setiap warga negara dapat melawan terorisme dengan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang terorisme, memahami definisi dan bahaya terorisme, serta modus operandinya,” kata Dandim. Ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan dan pencegahan dini dengan selalu waspada terhadap aktivitas atau perilaku mencurigakan di sekitar lingkungan tempat tinggal, tempat kerja, atau tempat umum lainnya.

Lebih lanjut, Dandim mengajak masyarakat untuk memperkuat ketahanan keluarga dan masyarakat dengan membangun keluarga yang harmonis dan saling mengasihi, serta menanamkan nilai-nilai moral dan agama yang kuat kepada anak-anak. Ia juga mendorong dukungan masyarakat terhadap upaya aparat penegak hukum dengan memberikan informasi kepada pihak berwenang jika mengetahui adanya rencana atau aksi terorisme serta bekerja sama dalam investigasi dan penanggulangan aksi terorisme.

Dandim juga menyoroti pentingnya memanfaatkan media sosial dengan bijak, serta menghindari penyebaran informasi atau konten yang bersifat provokatif, kebencian, dan SARA.

“Peran aktif dan partisipasi seluruh warga negara sangatlah penting dalam melawan terorisme. Dengan bersatu padu dan saling bahu membahu, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan terhindar dari ancaman terorisme. Ingatlah, terorisme adalah musuh bersama. Mari kita lawan terorisme dengan bersama-sama,” tutup Dandim.

( Hendra )

Happy
Happy
0
Sad
Sad
0
Excited
Excited
0
Sleepy
Sleepy
0
Angry
Angry
0
Surprise
Surprise
0